5 rukun Islam yang harus diketahui

Sebagai pemeluk Islam sudah semestinya kita mengetahui apa saja rukun Islam. Secara sekilas mungkin terasa berat untuk melaksanakan rukun tersebut, namun sebenarnya sangatlah ringan jika berniat melakukannya. Namun, terkadang banyak hal yang bisa saja menjadi alasan mengapa kita tak mau melaksanakannya.

Adapun 5 rukun Islam yang wajib anda ketahui adalah sebagai berikut:
1. Mengucapkan dua kalimat syahadat
Mengucapkan dua kalimat syahadat merupakan salah satu syarat masuk Islam pertama kalinya. Adapun bunyi dua kalimat syahadat adalah seperti di bawah ini:

2. Mengerjakan sholat lima waktu dalam sehari semalam, yaitu : Zhuhur, Ashar, Maghrib, Isyak dan Shubuh.
Untuk mengerjakan shalat lima waktu bukanlah hal yang susah, kita hanya perlu menyisihkan beberapa menit untuk melaksanakan sholat lima waktu.

3. Mengerjakan puasa di bulan Ramadhan.
Puasa di bulan ramadhan selama sebulan penuh merupakan kewajiban bagi umat muslim dengan syarat-syarat tertentu. Melakukan makan sahur sebelum tiba sholat subuh dan berbuka puasa di waktu maghrib tiba. Setelah satu bulan melakukan puasa maka tibalah Idul fitri waktunya umat Islam kembali suci.

4. Mengeluarkan zakat harta dan zakat fitrah.
Sebelum tiba hari Idul Fitri, umat Islam melakukan zakat fitrah sesuai aturan ayang ada.

5, Pergi haji ke Baitullah (Mekkah) bagi orang yang mampu dan kuasa berjalan kepadanya.
Naik haji ke tanah suci Mekkah tidak diwajibkan kepada yang belum mampu, jadi jangan khawatir bagi anda yang belum mampu. Namun bagi yang sudah mampu agar segera melaksanakannya.

Demikian yang dapat kami sampaikan secara sekilas mengenai 5 rukun Islam, semoga mempermudah anda dalam belajar agama Islam.
Advertisement
5 rukun Islam yang harus diketahui