6 faktor yang menimbulkan kebudayaan Islam

6 faktor yang menimbulkan kebudayaan Islam - Pada garis besarnya faktor-faktor yang mendorong terwujudnya (timbulnya) kebudayaan Islam ada dua, yaitu: pertama faktor dari dalam (internal sources), kedua faktor dari luar (external sources).

Faktor dari dalam (internal sources) ini adalah ajaran Islam sendiri yang bersumber kepada Al Quran dan As Sunnah. Al Quran dan As Sunnah-lah yang menjadi sumber inspirasi bagi umat Islam untuk berpikir dan berbuat. Dalam hal ini banyak sekali ajaran-ajaran Al Quran dan As Sunnah yang mendorong terciptanya kebudayaan, dalam pembahasan ini ada 6 faktor, yaitu:
  1. Islam menghargai ilmu dan orang berilmu
  2. Islam melarang bertaqlid
  3. Islam menganjurkan berinisiatif
  4. Islam melarang mengabaikan soal keduniaan
  5. Islam menganjurkan pertukaran kebudayaan (akulturasi)

Islam menghargai akal

Dalam pembahasan ini akan kita ulas pembahasan yang pertama, yaitu Islam menghargai akal. Dalam Al Quran banyak sekali ayat yang menganjurkan manusia untuk mempergunakan akalnya. Antara lain dalam Surat Al Hajj ayat 46 yang artinya sebagai berikut:

"Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada".

Bahkan ada pula ayat yang mengatakan bahwa salah satu hal yang menyebabkan orang tidak selamat dan masuk ke dalam neraka, ialah karena mereka tidak mau mempergunakan akalnya. Ayat tersebut pada Surat Al A'raf ayat 179, yang artinya sebagai berikut:

"Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai".

Al Quran Surat Al Mulk ayat 10 menggambarkan tentang penyesalan penghuni neraka, artinya sebagai berikut:

"Dan mereka berkata: "Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu) niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala".

Demikian 6 faktor yang menimbulkan kebudayaan Islam, pada artikel Pendidikan Islam selanjutnya akan diulas pembahasan yang kedua, yaitu: Islam menghargai ilmu dan orang berilmu. Semoga dengan ini akan menambah ketaqwaan kita kepada Allah SWT.
Advertisement
6 faktor yang menimbulkan kebudayaan Islam