Pengertian Dinul islam menurut bahasa dan istilah

Pengertian Dinul islam menurut bahasa - Istilah "Dinul Islam" terdiri dari dua kata, yaitu: din dan Islam. Kata din mempunyai arti yang bermacam-macam, antara lain: Hisab (perhitungan), hal, adat-istiadat, hukum, jalan, taat, balasan, urusan, tata cara kehidupan dan agama. Adapun kata Islam mengandung berbagai arti pula, yaitu sebagai berikut:

1. Menurut dan menyerahkan
Dengan demikian, orang yang memeluk Islam (muslim) adalah orang yang menyerahkan diri kepada kekuasaan yang tertinggi, yaitu Allah SWT, serta menurut segala ajaran yang telah ditentukan-Nya.

2. Sejahtera, tidak tercela, tidak cacat, selamat, tenteram dan bahagia
Ini berarti bahwa setiap muslim adalah orang yang sejahtera, tenteram, selamat, dan bahagia, baik di dunia maupun di akhirat dengan tuntunan ajaran Rabbul 'Alamin. Setiap muslim yang sadar pasti akan meyakini bahwa hanya dengan Islam lah ia akan bisa selamat, sejahtera, tenteram dan bahagia, baik di dunia maupun di alam akhirat nanti.

3. Mengaku, menyerahkan, menurut dan menyelamatkan
Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa orang yang memeluk Islam itu adalah orang yang mengaku dengan sadar akan adanya Allah, lalu ia menyerahkan diri ke bawah kekuasaan-Nya dengan menurut segala titah dan firman-Nya sehingga selamatlah ia di dunia dan di akhirat.

4. Damai
Artinya bahwa Islam adalah agama yang membawa kepada damai, kedamaian dan perdamaian. Orang yang menganut Islam adalah orang yang menganut ajaran perdamaian serta orang yang mencerminkan jiwa perdamaian dalam segala tingkah laku, tindak-tanduk, dan perbuatannya.

Kesimpulan

Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, maka yang dimaksudkan dengan dinul Islam adalah agama atau tata cara kehidupan yang berdasarkan ajaran Allah yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw., agar manusia hidup tenteram, damai, sejahtera, selamat dan bahagia dalam arti yang sesungguhnya, baik di dunia maupun di akhirat.

Seseorang yang memeluk Islam dinamai muslim, karena masuknya ia ke dalam Islam berarti ia telah mengaku kepada adanya Allah swt., dan kerasulan Muhammad saw., lalu menyerahkan diri dan takluk kepada kekuasaan-Nya dengan menurut segala titah dan ajaran-Nya, yang akhirnya ia akan merasakan dan menikmati ketenteraman hidup, keselamatan, kedamaian, kesejahteraan dan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Pengertian Dinul islam menurut istilah - Para ahli ilmu pengetahuan tentang Islam memberikan istilah dan pengertian mengenai Islam berdasarkan pendapat dan pandangan mereka masing-masing. Natara lain sebagai berikut:

1. Syaikh Muhammad Abduh mengatakan: "Dinul Islam atau Islam ialah din (agama, tata cara hidup) yang datang dengannya Muhammad saw". (Risalah Tauhid, hal: 152).

2. Sayyid Husain Afandi memberi pengertian tentang Islam bahwa: "Islam adalah tunduk dan patuh, baik batin maupun lahir, kepada apa yang datang dengannya Rasul 'alaihis shalatu wassalam" (Al Hushunul Hamidiyah, hal: 7).

3. Imam Mahmud Syaltut berpendapat bahwa: "Islam adalah din Allah yang Ia wasiatkan ajaran-ajarannya tentang ushulnya (dasar-dasarnya) dan syari'at-syari'atnya kepada Nabi Muhammad saw, dan membebaninya (menugaskan Muhammad) untuk manusia semuanya dan mengajak mereka kepadanya - kepada Islam" (Al Islam "Aqidah Wa Syari'ah, hal: 9).

Kesimpulan
Sebenarnya masih banyak ta'fir atau definisi, atau pengertian tentang Islam yang dikemukakan oleh para pemikir Islam lainnya, tetapi dengan definisi-definisi yang telah disebutkan di atas saja sudah dapat ditarik suatu pengertian bahwa:

"Islam adalah din Allah yang dibawa dan disampaikan oleh Nabi Muhammad saw, untuk menjadi petunjuk dan pedoman hidup bagi seluruh ummat manusia agar supaya selamat dalam mengarungi hidup dan kehidupan di dunia ini serta bahagia hidup di akhirat nanti"

Demikian Pengertian Dinul islam menurut bahasa dan istilah, semoga bermanfaat menambah pengetahuan dalam agama Islam.
Advertisement
Pengertian Dinul islam menurut bahasa dan istilah