Pengertian kebudayaan Islam dan 3 unsur prinsipil

Pengertian kebudayaan Islam dan 3 unsur prinsipil - Ketika membicarakan tentang definisi kebudayaan kita telah mendapatkan suatu pengertian bahwa kebudayaan ialah manifestasi atau penjelmaan daripada kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya.

Disamping itu, kita telah pula menyelami apa arti Islam baik ditinjau dari segi bahasa maupun dari segi istilah (baca: Pengertian Dinul islam). Dalam uraian sebelumnya kita telah menarik suatu kesimpulan bahwa Islam ialah: “Islam adalah din Allah yang dibawa dan disampaikan oleh Nabi Muhammad saw, untuk menjadi petunjuk dan pedoman hidup bagi seluruh ummat manusia agar supaya selamat dalam mengarungi hidup dan kehidupan di dunia ini serta bahagia hidup di akhirat nanti”.

Setelah memahami  kedua pengertian tersebut, kini dapatlah dirumuskan suatu pengertian (definisi, taa'rif) kebudayaan Islam dengan rumusan sebagai berikut:

"Kebudayaan Islam adalah manifestasi (penjelmaan) daripada kerja jiwa manusia muslim yang didasari dan mencerminkan ajaran Islam dalam arti yang seluas-luasnya".

3 unsur prinsipil

Definisi kebudayaan Islam sebagaimana yang dirumuskan di atas mengandung tiga (3) unsur yang prinsipil, yaitu sebagai berikut:
  1. Kebudayaan Islam adalah ciptaan orang Islam.
  2. Kebudayaan Islam adalah didasarkan kepada ajaran Islam.
  3. Kebudayaan Islam merupakan pencerminan daripada ajaran Islam.
Ketiga unsur prinsipil kebudayaan tersebut merupakan satu-kesatuan yang utuh, yang antara satu dengan yang lainnya tidak bisa dipisah-pisahkan.

Demikian Pengertian kebudayaan Islam dan 3 unsur prinsipil, semoga menambah pendalaman kita dalam mempelajari agama Islam.
Advertisement
Pengertian kebudayaan Islam dan 3 unsur prinsipil