Tentang bunuh diri dalam pendidikan Islam

Pendidikan Islam, Bunuh diri termasuk pada dosa besar, karena berarti putus harapan terhadap takdir Allah. Allah SWT berfirman dalam Surat Yusuf ayat 87 yang berbunyi seperti berikut:

Hai anak-anakku, Pergilah kamu, Maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir".

Sesungguhnya melakukan suatu pekerjaan yang baik harus didahului dengan membaca basmallah. Bila seseorang melakukan bunuh diri, kemudian membaca basmallah maka jelaslah Allah tidak akan mengizinkannya untuk melakukan pekerjaan jahat dengan atas nama-Nya. Maka jelaslah bunuh diri itu melawan takdir Allah da merusak iman seseorang.

Sebagaimana Rasulullah bersabda yang bunyinya: "Dosa yang paling besar ialah Musyrik kepada Allah, membunuh manusia (bunuh diri) durhaka pada ibu bapak dan menjadi saksi palsu" (H.R Bukhori dan Anas)

Demikian sedikit penjelasan tentang bunuh diri dalam pendidikan Islam, semoga bermanfaat dan menjadikan anda lebih bertaqwa kepada Allah SWT.
Advertisement
Tentang bunuh diri dalam pendidikan Islam