Tujuan kebudayaan Islam

Tujuan kebudayaan Islam - Islam mengajarkan bahwa tugas hidup manusia adalah mengabdi kepada Allah, Tuhan Penguasa Tertinggi, dan bertujuan untuk mendapatkan ridha-Nya (mardhatillah). Di dalam Al Quran Surat Adz Dzariat ayat 56 dinyatakan sebagai berikut:

Artinya: Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.

Tugas hidup manusia lebih-lebih manusia muslim adalah mengabdi kepada Allah dan pengabdian itu bertujuan mendapat akan ridha-Nya juga. Kebudayaan itu adalah itu adalah ciptaan manusia, oleh sebab itu haruslah diarahkan kepada tujuan hidup manusia, oleh sebab itu sendiri, yakni mendapatkan ridha Allah.

Kemudian kebudayaan itu merupakan suatu gambaran atau pencerminan segala aspek kehidupan manusia. Hidup manusia ditujukan kepada mendapatkan ridha Allah. Maka dengan demikian, kebudayaanpun bertujuan untuk mendapatkan mardhatillah pula. Dengan perkataan lain, tujuan kebudayaan adalah mendapatkan keridhaan Allah swt.

Oleh karena kebudayaan Islam adalah sebagian dari kebudayaan secara keseluruhan, maka dapatlah ditarik suatu kesimpulan bahwa tujuan kebudayaan Islam adalah identik dengan tujuan hidup manusia, dan identik pula dengan tujuan hidup muslim, yaitu mengharap ridha Allah swt.

Baca juga: Islam menganjurkan pertukaran kebudayaan

Demikian Tujuan kebudayaan Islam, semoga menambah pemahaman kita mengenai pemahaman kebudayaan dalam agama Islam.
Advertisement
Tujuan kebudayaan Islam