6 manfaat utama mempelajari filsafat Islam

6 manfaat utama mempelajari filsafat Islam - Sebagaimana halnya filsafat pada umumnya, maka filsafat Islam pun banyak dipelajari orang. Manfaat yang utama mempelajari filsafat ada 6, yaitu sebagai berikut:

1. Untuk mengetahui bahwa filsafat Islam adalah merupakan jembatan yang menghubungkan antara filsafat kuno dan filsafat pada abad kebangkitan (Renaisance).

2. Untuk dapat mengetahui bahwa Islam adalah bersifat toleran dan lapang dada sehingga filsafat Yunani Kuno dapat bernaung dan dipelihara oleh umat Islam dengan sebaik-baiknya.

3. Untuk mengenal sejarah filsafat Islam, sekurang-kurangnya umat Islam akan bersifat toleransi dan tidak terlalu fanatik terhadap keterangan mengenai ketuhanan yang masuk ke dalam agama Islam secara keseluruhan dan membawa umat Islam untuk lebih giat mempelajari filsafat.

4. Untuk mengetahui perkembangan filsafat Islam dari masa ke masa, serta mengetahui faktor-faktor penyebab kemajuan dan kemunduran Islam.

5. Untuk mengetahui mana filsafat yang diwarnai oleh Islam dan mana pula filsafat Islam yang sebenarnya tidak sesuai dengan ajaran Islam.

6. Untuk membantu umat Islam dalam berfikir secara kritis dan obyektif. Dengan demikian setiap yang datang dari luar tidak begitu saja ditolak, melainkan dipelajari terlebih dahulu dengan sebaik-baiknya. Mana yang positif, dengan lapang dada harus dapat diterima.

Baca juga:
Demikian 6 manfaat utama mempelajari filsafat Islam, semoga lebih membuka pandangan kita tentang agama Islam, sehingga menjauhkan kita dari perbuatan yang melenceng dari kaidah Islam sendiri.
Advertisement
6 manfaat utama mempelajari filsafat Islam