Pandangan Islam Terhadap Ekonomi

Pandangan Islam Terhadap Ekonomi - Ekonomi adalah merupakan bagian yang penting dalam kehidupan manusia. Sebab, ekonomi turut menentukan tentang bagaimana hidup dan kehidupan manusia itu. Maka jika kita berbicara mengenai ekonomi berarti kita berbicara tentang hal-hal yang menyangkut rezeki dan usaha.

Apabila ajaran Islam kita pelajari dengan sebaik-baiknya, maka akan tersingkaplah bahwa Islam sangat memberikan perhatian terhadapa masalah ekonomi itu dan Islam memandang bahwa ekonomi sangat memegang peranan penting dalam gerak langkah kehidupan manusia.

Irulah sebabnya Islam selalu menganjurkan agar umatnya rajin dan giat berusaha, tekun dalam mencari rezeki. Sebaliknya, Islam sangat mencela terhadap orang-orang yang malas berusaha atau kepada orang-orang yang malas berusaha atau kepada orang-orang yang hanya suka berpangku tangan.

Pandangan Islam Terhadap Ekonomi

Dalam masalah ekonomi, dalam Al Quran dikatakan, antara lain dalam Surat Al Mulk ayat 12 dan ayat 15. Dalam ayat 12 dikatakan yang artinya sebagai berikut:
"Allah yang memudahkan lautan bagi kamu supaya berlayar kapal padanya dengan idzin-Nya dan supaya kamu mencari kurnia-Nya (rezeki); mudah-mudahan kamu berterima kasih" (Al Mulk: 12)
Sedangkan dalam Surat Al Mulk ayat 15 dikatakan yang artinya sebagai berikut:
"Dialah (Allah) yang menjadikan bumi untuk kamu dengan mudah kamu jalani, sebab itu berjalanlah kamu pada beberapa penjurunya (penjuru bumi) dan makanlah dari rezeki-Nya-lah tempat kembali" (Al Mulk: 15)
Selanjutnya baca: 5 Asas Ekonomi Menurut Islam
Advertisement
Pandangan Islam Terhadap Ekonomi